ADVERTISEMENT

Source: terbaik http://www.infosukoi.blogspot.com.com

Lampu Depan Motor Sering Mati? Ini Penyebabnya!


Jakarta - Otolovers semua terutama para bikers pasti pernah mengalami kalau lampu depan motor Anda sering mati. Apalagi belakangan ini di Jakarta dan sekitarnya semua motor wajib menyalakan lampu di siang hari. Itu sudah pasti lampu motor nyala terus siang dan malam.

Tapi sebenarnya apa yang menyebabkan lampu motor sering banget mati? Misalnya setiap 1 bulan atau paling lama 2 bulan sekali lampu motor Anda sering mati.

Nih Otolovers penyebab lampu motor sering mati itu coba dibeberkan oleh Badrus, mekanik bengkel Tekno Motor di kawasan Cempaka Mas, Jakarta.

Menurutnya lampu motor yang sering mati dalam jangka waktu yang tidak wajar itu diakibatkan oleh fitting yang sudah mulai rusak sehingga dapat mempengaruhi kinerja bohlam.

"Kalau lampu motor sering mati itu biasanya penyebab utamannya pada fitting," yakin Badrus saat ditemui detikOto dibengkelnya yang berada di Jalan Letjend Suprapto, Jakarta.

Fitting tersebut, lanjut Badrus diantara komponennya sudah ada yang mulai rusak atau meleleh sehingga bagian yang rusak atau meleleh tadi mempengaruhi ke bohlam dan bagian bohlam juga ada yang terkena lelehan dari salah satu bagian di fitting.

"Contohnya seperti ini (rumah pada fitting) yang sudah meleleh dan kabelnya juga ada yang sudah rusak karena umurnya yang sudah lebih dari 2 tahun," tambahnya.

Selain itu, menurut Badrus kalau sudah seperti itu tidak bisa diakalin lagi. Pria yang akrab disapa Iyus ini menganjurkan agar segera mengganti fitting tersebut dengan yang original.

"Kalau udah kaya gini sudah enggak bisa diakalin lagi. Inget kalau diganti juga usahakan yang orisinil jangan yang bajakan. Karena tetap tidak akan awet dan bohlam akan cepat putus," timpalnya.

"Beda harganya juga enggak jauh-jauh amat kok. Fitting yang asli buat Yamaha Mio misalnya cuma Rp 20 sampai Rp 25 ribu kalau yang asli Rp 10 sampai Rp 15 ribu. Pilih mana harga mahal dikit tapi awet apa harga murah tapi sering ganti lampu?," tukasnya.